Tuesday 1 March 2011

Melampirkan file melalui email yahoo!

Melampirkan file melalui email yahoo!

Adakalanya kita dituntut agar segera mengirimkan sebuah file ke rekan bisnis atau teman. Kalo dulu dimana masa-masa belum adanya internet khususnya email (elektronic mail), maka hal seperti itu sangat memberatkan. Pengriman lewat pos, banyak digunakan sebelum adanya email seperti saat ini. Bagaimana mungkin kalo Cuma menggunakan jasa pos bisa mengirimkan sebuah file ke luar kota dan nyampe dalam hitungan detik.

Kemajuan teknologi khususnya internet, membawa peradaban manusia berubah cepat. Klo dulu pas jaman saya SMP sekitar tahun 1990an, ada istilah Sahabat Pena. Dimana seseorang yang ingin berkenalan antar pulau atau Negara sekalipun, harus menuliskannya lewat surat kemudian mengirimkannya lewat Pos. Masih terbayang dalam benak saya, dulu temen se SMP dengan sabarnya menuggu beberapa hari/minggu hanya untuk membaca balasan surat dari sahabat penanya yang dari luar pulau jawa. Sebuah hal klasik yang sampai saat ini mulai ditinggalkan dan kemungkinan makin tenggelam dengan adanya email.

Kebiasaan orang menulis surat lewat jasa pos, makin ditinggalkan dan sekarang banyak beralih menggunakan jasa pengiriman pesan elektronik atau yang disebut dengan e-mail (elektronic mail). Tapi mungkin za ada segelintir orang yang sampai saat ini masih setia menggunakan jasa pos jika akan mengirim surat kepada sanak saudaranya. Kadang juga sebuah instansi atau lembaga masih menggunakan jasa pos untuk perekrutan calon pegawainya. Intinya keduanya ada keuntungan dan kerugiannya, jasa pos masih digunakan jika ada pesan yang tidak bisa dikerjakan dengan hanya menggunakan email.

Email pada umumnya bisa melampirkan sesuatu tapi dalam format yang bisa dibaca oleh komputer, misal file doc, mp3, video dll. Intinya hanya bisa mengirim yang berbau software dan gak bisa mengirim hardware. Jadi, jasa Pos za tenyata yang pantas mengirim pesan yang berbentuk hardware (bisa dilihat dan diraba). Lalu bagaimana caranya mengirim pesan yang didalamnya terdapat lampiran file? Di bawah ini akan dijelaskan secara singkat bagaimana cara melakukan hal tersebut.

Langkah singkat melampirkan file melalui email yahoo! (cara ini tidak jauh beda dengan jasa email dari gmail, hotmail atau yg lainnya) :

1. Buka browser (misal opera, mozilla firefox dll…), Pada address bar ketikkan yahoo.com

2. Pilih menu MAIL (berada di sebelah kiri situs) atau langsung pilih Sign in (berada di sebelah kanan situs).






3. Isi User ID Yahoo! + Passwordnya





4. PIlih pada Menu MAIL


5. Klik Tombol TULIS agar bisa langsung pada jendela utama kirim pesan.


6. Isi lengkap form isiannya (email tujuan, judul, isi) kemudian Klik pada tombol LAMPIRKAN.


7. Cari dan pilih file yang akan dilampirkannya, lalu klik OPEN.








8. Tunggu hingga file sudah dilampirkan, lalu klik KIRIM.











9. Konfirmasi email sudah dikirim akan muncul, lalu klik OK. Email dengan laporan gagal/eror yg diakibatkan karena kesalahan penulisan email tujuan, akan ditampilkan pada email masuk. Tapi jika semuanya sudah benar dan akan menutup jendela email yahoo anda, maka jangan lupa klik SIGN OUT.


Bagikan artikel ini kepada yang membutuhkan, share via facebook, twitter, blog atau yang lainnya. Jangan lupa cantumkan sumbernya tugas-tik-paris.blogspot.com. Atas kebaikannya, kami ucapkan terimakasih.

Artikel ini muncul dengan kata pencarian : cara melampirkan pesan, lampiran yahoo mail, langkah singkat mengirim lampiran, yahoo mail.

0 comments:

Post a Comment