Tuesday 12 March 2013

Kisi-kisi Ujian Praktek TIK Tp 2012/2013 MTsN Pasiripis


Akhirnya, sudah waktunya untuk pelaksanaan ujian praktek untuk tahun ini tepatnya mulai besok 14 Maret 2013 s.d selesai. Setelah sekian lama kelas 9 belajar di MTsN Pasiripis Kab. Sukabumi ( sudah hampir 3 tahun), maka menjelang akhir pembelajaran ini semuanya akan diuji praktek untuk beberapa mata pelajaran salah satunya yaitu mapel favorit Tee ii Kaa (TIK-Teknologi Informasi dan Komunikasi).

Oke, mengingat ujian praktek ini cuma mengulang materi yang sudah diberikan maka pada kesempatan baik ini maka saya akan berikan kisi-kisi/bocoran ataupun apalah namanya yang penting moga tulisan ini sebagai bahan belajar agar pada waktunya nanti praktek semuanya akan dikerjakan dengan maksimal.

" Tidak ada kata pintar dan bodoh, yang ada hanyalah berani mencoba untuk menjadi selalu yang terbaik. Jangan katakan SAYA TIDAK BISA, tapi harus yakin  bahwa :  SAYA PASTI BISA KARENA ORANG LAIN JUGA BISA "

Materi TIK yang akan diujikan adalah Ms. Excel & Internet.
Ms. Excel (versi 2003/2007/2010) - waktu 20 menit
Pada intinya ini cuma mengulang materi kelas 8 semester 2 yaitu mengenai materi Ms. excel. Klo dulu ada modulnya yang kalian beli di Koperasi MTsN,masih ingat ??.Nah pada gilirannya sekarang maka materi itu yang akan diujikan kembali.Intinya cuma mengulang, gampang gak ada yang susah..

Untuk lebih jelasnya, mungkin seperti ini penampakan untuk materi uji Ms. Excel

Bagaimana sudah ngerti??... Klo sudah bisa mengisinya berarti sudah siap untuk Ujian praktek. Klo blm ngerti juga, lanjutin bacanya kebawah...

Itu yang dikasih tanda dengan warna yang berbeda, sebagai patokan buat kalian untuk memahami apa saja yang akan di ujikan. Sebagai contoh misal untuk warna KUNING, maka itu diatur dengan menggunakan MERGE & CENTER (agar text berada di tengah). Untuk lebih jelasnya, kalian lihat tabel di bawah ini :

Kriteria Penilaian :

Warna
Ket
Poin

Merge & Center
20

sum (Penjumlahan)
20

average (Rata-rata)
20

Fungsi IF
20

Border
20


100
 
Nah lalu bagaimana untuk pengisian JUMLAH, RATA-RATA, KETERANGAN??. Jika melihat tabel yang di atas, kurang lebih rumusnya adalah seperti ini.
>JUMLAH, pada sel H4 ketikkan =SUM(C4:G4)
>RATA-RATA, pada sel I4 ketikkan =AVERAGE(C4:G4)
>KET, pada sel J4 ketikkan =IF(I4>=70,"Lulus","Tidak Lulus")

(C4:G4) maksudnya adalah nilai atas nama DESI yakni berada di sel C4 sampai G4, untuk nama yg lain tentunya akan berbeda pula.

Penjelasan untuk mengisi KET (Keterangan).
=IF(I4>=70,"Lulus","Tidak Lulus")
 Maksudnya adalah  
Jika nilai rata-rata lebih dari atau sama dengan 70 maka akan LULUS, selain dari itu maka TIDAK LULUS.Perhatikan tanda kutip("), koma (,)

Biar lebih cepat, rumusnya cukup diketikkan pada baris pertama misal di H4. Nah untuk mengisi JUMLAH untuk nama yang lain maka cukup copy rumusnya caranya seperti ini tea :
 
caranya: Klik pada tulisan angka 290, sorot pake mouse tepat pada bagian kanan bawah nanti muncul tanda plus(+). Klik kiri, tahan lalu tarik ke bawah. Selesai..    
Gagal?? turus dicoba.

INTERNET - waktu 20 menit
Untuk materi Internet merupakan materi yang paling gampang. dikarenakan 99 % merupakan pengulangan dari soal Mid test yang baru kalian kerjakan kemarin. Kriteria yang dinilai adalah sbb :
>  Pencarian informasi di internet dan menuliskan sumbernya
>  Membuat pesan dengan menggunakan lampiran/attacment
>  Kesesuaian subyek/judul pesan
>  Identitas pesan, misal Nama dan Kelas 

Ok... Sekian dan selamat belajar.  


0 comments:

Post a Comment