BAB I
PENDAHULUAN
1. Pengertian dan Latar Belakang
1.1. Latar Belakang
Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Berdasarkan KTSP 2006 mencakup bahan kajian tentang Hardware dan Software. Pada Mata Pelajaran ini, konsep dan sub konsep dipelajari melalui Teori dan Praktek dengan fokus pada pengembangan keterampilan proses. Idealnya setiap topik dari pelajaran TIK sebaiknya diajarkan melalui peragaan kepada siswa, baik dalam bentuk Praktek atau demonstrasi. Untuk mendukung fungsi dan tujuan pembelajaran TIK di SMP, diperlukan sarana dan petugas yang siap membantu kelancaran pelaksanaan praktikum atau demonstrasi yang diperlukan oleh guru TIK.
1.2. Dasar/Landasan Hukum
a. Pasal 37 UU No. 2 tahun 1989 tentang sistem pendidikan nasional.
b. Kurikulum 2006
c. Program Sekolah
1.3. Maksud dan Tujuan
Mewujudkan tujuan Pendidikan nasional dengan memperhatikan tahapan
perkembangan peserta anak didik dan kesesuaianya dengan kebutuhan nasional,
perkembangan IPTEK serta Kesenian yang sesuai dengan jenis dan jenjang satuan
pendidikan yaitu SLTP sebagai jenjang Pendidikan Dasar seperti di MTsN Pasiripis khususnya pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan
Komunikasi.
1.4. Sasaran
Sasaran kegiatan Laboratorium Komputer yang ingin dicapai adalah Program Pengajaran dan Pembelajaran yang mendukung pencapaian Tujuan Satuan Pendidikan MTsN Pasiripis pada mata pelajaran TIK yang bermuara pada perwujudan atau pencapaian tujuan Pendidikan Nasional yaitu “ Program Kerja Laboratorium Komputer SMP N5 Banyuwangi Tahun Pelajaran 2010/2011 2 Mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia seutuhnya melalui jenjang pendidikan SMP/MTs “, khususnya di MTsN Pasiripis.
1.5. Ruang Lingkup
Ruang lingkup pendidikan di laboratorium Komputer meliputi :
Penguasaan Harware dan Sofware Komputer
1.6. Sistematika
1. Kata Pengantar
2. Daftar Isi
3. BAB I PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
1.2. Dasar/Landasan Hukum .
1.3. Maksud dan Tujuan
1.4. Sasaran
1.5. Ruang Lingkup
1.6. Sistimatika
2. BAB II. PENGORGANISASIAN
2.1. Pengorganisasian
2.2. Struktur Organisasi
2.3. Jadwal Praktikum
3. BAB III. LABORATORIUM
3.1. Denah Laboratorium
3.2. Inventaris Laboratorium
4. BAB IV. PROGRAM LABTAHUN PELAJARAN 2011 - 2012
4.1. Program Kerja
4.2. Daftar Barang dan Bahan yang diperlukan
5. BAB.V. PENUTUP
BAB II
PENGORGANISASIAN
2.1. Pengorganisasian
2.1.1. Struktur Organisasi
2.1.2. Susunan Personal
1. Pelindung : Drs. H. Mahmudin, M.Ag
2. Penanggung Jawab Lab. Komputer : Danyl Sasmita, S.Kom
2.1.3. Daftar Guru Mata Pelajaran TIK
No | Nama | Kelas |
1 | Anih Susanti, A.Md | 7.1-7.7, 8.1-8.5 |
2 | Danyl Sasmita, S.Kom | 86-89, 91-9.8 |
2.2. Pembagian Tugas
A. Pelindung
1. Memberikan perlindungan / pengayoman
2. Melakukan pengawasan dan penilaian
3. Memberikan pengarahan
B. Koordinator
1. Melakukan koordinasi
2. Memberi dan menerima masukan dan usulan
3. Mengontrol dan memonitoring
4. Melaporkan kepada Kepala Sekolah
5. Mengadakan fasilitas dan kelengkapan bahan dan fasilitas laboratorium
Komputer
C. Penanggung Jawab
1. Melakukan pendataan inventaris barang
2. Menata barang inventaris menurut fungsinya
3. Melakukan perbaikan pada barang inventaris yang masih bisa diperbaiki
4. Mengatur jadwal penggunaan laboratorium Komputer
5. Memberikan laporan kondisi barang – barang inventaris
6. Melakukan pengawasan penggunaan barang inventaris
7. Melaporkan kejadian – kejadian penting yang berkaitan dengan penggunaan
barang inventaris
D. Guru
1. Menjaga ketertiban Laboratorium Komputer selama berlangsung praktium
2. Mengarahkan, Memantau dan Megontrol siswa dalam mengoperasikan serta
menngunakan computer
3. Bertanggung jawab atas berubahnya program serta kerusakan computer jika
terjadi kerusakaan setelah KBM berlangsung
4. Mengaktifkan antivirus sesuai kebutuhan
2.3. Tata Tertib Penggunaan Laboratorium Komputer
PERATURAN DAN TATA TERTIB LABORATORIUM KOMPUTER
A. Penggunaan Komputer
1. Semua siswa aktif berhak atas pemanfaatan komputer.
2. Semua siswa berhubugan dengan tugas sekolah : OSIS, lomba dan tugas lain atas
nama sekolah berhak menggunakan komputer setelah mendapat ijin dari
pengurus lab dan sepengetahuan guru yang bersangkutan.
3. Siswa melakukan scanning virus terhadap flash dish yang digunakannya di awal
penggunaan komputer.
a Setiap siswa harus mematikan komputer baik cpu maupun layar monitor setiap
kali selesai menggunakan komputer dengan cara yang benar.
6. Setiap siswa menjaga kebersihan dan kerapian ruangan. Sebelum meninggalkan
ruangan.
7. Setiap siswa menata kembali/mengembalikan ke tempatnya barang dan
peralatan yang digunakan dan meninggalkan ruangan/tempat dalam keadaan
tetap bersih.
8. Siswa yang tidak mematuhi peraturan / ketentuan ini maka akan mendapat sanksi
dan tidak boleh menggunakan komputer pada saat itu juga.
B. Pengajaran
1. Seluruh siswa wajib mengikuti praktikum komputer pada jam dan waktu yang
telah ditentukan
2. Dalam hal siswa tidak dapat mengikuti praktikum komputer harus ada keterangan
yang jelas dari orang tua, wali murid, wali kelas ditunjukkan dengan bukti surat
tertulis.
3. Selama pengajaran berlangsung siswa dilarang bermain games atau membuat
keributan sehingga mengganggu siswa lain.
4. Siswa selain kelompok yang sedang praktek dilarang memasuki ruangan.
5. Ruang praktikum hanya boleh diisi maksimum sejumlah kelompok praktikum.
6. Siswa berhak meminta bantuan kepada pembimbing lab seputar masalah
pengoperasian perangkat komputer.
C. Internet
1. Siswa yang berhubungan dengan tugas osis, lomba dan tugas lain atas nama
sekolah dapat menggunakan internet di luar jam praktek komputer.dengan seijin
dan persetujuan penanggung jawab lab
2. Satu komputer boleh digunakan lebih dari satu orang.
3. Siswa tidak boleh membuka situs-situs yang berbau pornografi dan atau
permainan.
4. Siswa yang ingin menggunakan internet harus memanfaatkan penggunaan
internet sebaik-baiknya.
5. Siswa yang akan menggunakan internet harus sepengetahuan petugas lab dan
guru yang bersangkutan.
6. Siswa meyiapkan sendiri media penyimpan data (flash disk) untuk menampung
file-file download.
D. Penggunaan Hardware dan Software
1. Siswa dilarang menghapus, menginstall software atau memodifikasi program
komputer di laboratorium.
2. Siswa berhak melaporkan program yang rusak/tidak terinstall dengan baik kepada
petugas lab.
3. Siswa tidak boleh menyebarkan virus ke komputer atau menginstall softwaresoftware
lain yang dapat mengganggu system laboratorium.
4. Siswa dilarang merusak, memindahkan, atau mengambil hardware, software
atau fasilitas laboratorium tanpa seijin petugas laboratorium.
5. Siswa berhak menggunakan semua software/hardware yang telah ditentukan
oleh laboratorium.
E. Penampilan
1. Siswa wajib melepas alas kaki selama memasuki ruang laboratorium komputer
2. Siswa wajib berpenampilan rapi dan sopan di laboratorium sesuai dengan tata
tertib di sekolah.
3. Siswa dilarang makan dan minum di dalam laboratorium.
4. Siswa dilarang menggunakan pakaian olahraga
5. Siswa dilarang membuat kegaduhan di lingkungan laboratorium.
6. Siswa harus merapikan kembali tempat yang dipakai.
7. Siswa dilarang membawa senjata tajam, minuman keras dan atau narkotika
di dalam laboratorium.
8. Siswa harus masuk dan keluar laboratorium dengan tertib.
9. Siswa wajib menjaga kebersihan laboratorium.
2.4. Jadwal Penggunaan Laboratorium
JADWAL PENGGUNAAN LABORATORIUM KOMPUTER
TAHUN PELAJARAN 2008/2009
HARI | JAM KE | KELAS | PENGAJAR | KET |
SENIN | 1 – 2 3 – 4 5 - 6 | 9.8 9.7 9.3 | Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom | |
SELASA | 1 – 2 3 – 4 5 – 6 7 – 8 | 9.5 9.4 8.9 9.6 | Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom | |
RABU | 1 – 2 3 – 4 5 – 6 7 – 8 | 9.1 8.6 8.8 8.7 | Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom Danyl Sasmita, S.Kom | |
KAMIS | 7 - 8 | 8.1 | Anih Susanti, A.Md | |
JUM’AT | 1 – 2 3 - 4 | 8.2 8.3 | Anih Susanti, A.Md Anih Susanti, A.Md | |
SABTU | 1 – 2 3 – 4 7 - 8 | 8.4 8.5 9.2 | Anih Susanti, A.Md Anih Susanti, A.Md Danyl Sasmita, S.Kom | |
BAB III
LABORATORIUM KOMPUTER
3.1 Denah Lab
1 2 3 4
5 6 7 8
9 10 11 12
13 14 16 16
17 18 19 20
21 22 23 24
25 26 27 28
3.2 Inventaris Laboratorium Komputer 2011
NO | NAMA ALAT | KONDISI | JUMLAH |
BAIK | RUSAK |
1 | PC Built Up Compac, dual core | 8 | - | 8 |
2 | PC P4 | 2 | - | 2 |
3 | PC P3 | 10 | 20 | 30 |
4 | LCD Samsung 19 inci | 1 | | 1 |
5 | LCD Compaq 16 inci | 8 | - | 8 |
6 | Monitor CRT | 8 | 6 | 14 |
7 | Infocus | 2 | - | 2 |
8 | Laptop Byon, Celeron | 1 | - | 1 |
9 | Kursi plastic | 35 | - | 35 |
10 | Meja Komputer | 34 | - | 34 |
11 | Modem Speedy | 3 | - | 3 |
12 | Wifi Cisco | 1 | - | 1 |
13 | Switch 16 port, 32 Port | 2 | - | 2 |
14 | Kabel LAN Blue Link | 1 | | 1 |
15 | Tang Krimping | 1 | | 1 |
16 | Obeng | 1 | | 1 |
17 | Koas | 2 | | 2 |
18 | DVD Room | 1 | | 1 |
19 | CD Room | 1 | | 1 |
BAB IV
PROGRAM LAB KOMPUTER
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
a. Program Kerja
NO | JENIS KEGIATAN | SASARAN YANG INGIN DICAPAI | WAKTU |
1 | Penyusunan pedoman dan Program kerja | Dalam pelaksanaan kegiatan dapat terencana dan sistematis | Juli |
2 | Pendataan inventaris Laboratorium komputer | Mengetahui data alat,bahan yang ada di ruang lab kom sebagai informasi bagi sekolah dan pihak yang berkepentingan | |
3 | Perawatan komputer | dimaksud meliputi : 1. Kebersihan ruang lab beserta peragkat yang ada didalamnya 2. Pengecekan hardware dan sofware | |
4 | Penyusunan jadwal Penggunaan Lab | Dalam penggunaan lab dapat optimal untuk setiap kegiatan praktek | |
5 | Laporan | | |
b. Daftar Barang dan Bahan yang diperlukan
Agar seluruh program yang dibuat dapat terlaksana, tentunya diperlukan
beberapa pendukung teknis baik itu sarana ataupun prasarana yang dibutuhkan oleh
laboran yang belum tersedia atau yang diperlukan oleh petugas lab komputer,
diantaranya sebagai berikut :
1. Penambahan jaringan speedy hingga speed 2 Mb
2. PC 10 buah
3. Kursi 15 buah
4. LCD 10 buah
5. Viber penutup jendela 30 meter
6. Gorden 30 Meter
7. Air Conditioner 2 buah
8. Antena outdoor wireless
Mengetahui Surade, ….. Juli 2011
Kepala Madrasah Kepala Lab Komputer
Drs. H. Mahmudin, M.Ag Danyl Sasmita, S.Kom
NIP. 196202051989031004 NIP.
BAB V
PENUTUP
Program ini hanyalah sebuah perangkat dalam upaya mencapai suatu tujuan. Program bukan segala – galanya, sebab masih ada factor lain yang turut menentukan yakni Sumber Daya Manusia. Ini Berarti, suatu program baru dapat dilaksanakan dengan memahami dan
mampu menterjemahkannya dalam karya nyata seperti apa yang digariskan dalam program tersebut. Di sini ada yang saling keterkaitan yakni program yang baik dan Sumber Daya manusia yang handal. Program yang baik, tentu saja program yang didasarkan atas kenyataan dan perhitungan secara matang serta dilaksanakan dengan sebagai mana mestinya. Kita tak ingin gagal hanya karena kecerobohan dalam melaksanakan program. Kuncinya sederhana saja yakni kesungguhan dan kebersamaan